Selasa, 22 Maret 2011

Ritual yang Jadikan Rambut Indah Setiap Hari


Setiap wanita pasti ingin rambutnya terlihat bagus setiap saat. Tapi kadang rambut bisa saja tidak dalam kondisi terbaiknya; contohnya berminyak, lepek, kusam, kering atau kusut.

Mendapatkan rambut yang indah dan sehat setiap saat sebenarnya tidak sulit, asalkan Anda melakukan delapan hal di bawah ini secara rutin, seperti yang dikutip dari idiva.

1. Rambut Bersih = Rambut Sehat
Minyak, bercampur debu dan polusi bisa membuat rambut kotor dan lepek, yang berakibat terbentuknya ketombe dan rambut rontok. Jadi, pastikan rambut Anda selalu bersih. Cuci rambut minimal tiga kali seminggu untuk membuatnya tetap sehat. Fokuskan pijatan pada kulit kepala karena di situlah debu, kotoran dan minyak banyak menempel.

2. Jangan Lupakan Kondisioner
Setelah keramas, biasannya rambut akan hilang kelembabannya. Jadi sangat penting memakai kondisioner rambut sehabis keramas. Pilih kondisioner yang tidak banyak mengandung bahan kimia keras. Usapkan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut, jangan di kulit kepala karena akan membuat rambut lengket dan berminyak.

3. Perlakukan Rambut Basah dengan Tepat
Cara terbaik mengeringkan rambut setelah keramas adalah dengan membungkus rambut menggunakan handuk, dan biarkan beberapa saat. Rambut yang basah sangat rapuh dan lebih mudah rusak. Usapkan serum pelembut rambut atau kondisioner tanpa bilas agar tidak kusut.

4. Kurangi Penggunaan Alat Panas
Peralatan 'styling' seperti hair dryer, catok atau pengeriting rambut menggunakan hantaran panas untuk menciptakan bentuk rambut yang diinginkan. Namun penggunaan panas yang berlebihan atau terlalu sering bisa merusak kutikula yang berfungsi melindungi rambut dari gangguan luar. Sebaiknya jangan gunakan alat styling terlalu sering, cukup gunakan pada acara-acara khusus saja. Jangan lupa selalu berikan serum pelindung sebelum menata rambut.

5. Pijatan dengan Minyak Rambut
Pijatan menggunakan 'hot oil' membantu memelihara kesehatan kulit kepala, meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Kini banyak produk 'hot oil' yang dijual di pasaran, biasanya dikemas dalam tube sekali pakai. Cara penggunaannya dengan memasukkan tube ke dalam air panas, biarkan beberapa menit, lalu terapkan pada rambut dan beri pijatan secara menyeluruh. Setelah itu bilas dengan air.

6. Konsumsi Nutrisi yang Tepat
Seperti halnya bagian tubuh lain, rambut juga memerlukan nutrisi untuk tetap kuat dan sehat. Sebagian besar rambut terbentuk dari protein, jadi pastikan Anda mengasup makanan kaya protein seperti telur, ikan dan daging merah. Selain protein, konsumsi juga kalsium dan zat besi yang berasal dari produk olahan susu, bayam dan brokoli. Lemak juga Anda perlukan untuk menjaga rambut selalu lembut dan berkilau. Konsumsilah lemak sehat yang terkandung dalam kacang walnut, almond dan ikan salmon. Terakhir dan yang terpenting, cukupi kebutuhan air minimal dua liter per hari.

7. Cukup Tidur
Jam tidur yang berkualitas di malam hari bisa memberi waktu bagi rambut untuk rileks dan memperbaiki dirinya sendiri. Tidur yang cukup juga membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah rambut rontok.

8. Hindari Stres
Stres adalah musuh besar bagi kesehatan, termasuk rambut Anda! Gangguan mental yang satu ini menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan rambut. Coba lakukan meditasi, atau rileks di kamar menggunakan lilin aromaterapi untuk mengurangi stres