Senin, 28 Maret 2011

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU I (APKG 1)


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU I (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MENERANGKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP


1.       NAMA MAHASISWA           :
2.       N I M                                      :
3.       ALAMAT SEKOLAH             :
4.       MODEL PKR                          :
5.       KELAS/SEMESTER               :
6.       MATA PELAJARAN              :     1.
                                                            2.
7.       TOPIK                                    :     1.
                                                            2.
8.       TANGGAL                              :
9.       KELOMPOK BELAJAR        :
10.   UPBJJ-UT                               :

PETUNJUK
1.      Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2.      Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.      Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
4.      Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.


1          2          3          4          5
 
 

1.      Melakukan pembelajaran
a.       Melaksanakan tugas rutin kelas.
b.      Memulai kegiatan pembelajaran.
c.       Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indicator, siswa, situasi, dan lingkungan.
d.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok dan klasikal.
e.       Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
f.        Menggunakan media belajar yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
g.       Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien
h.       Mengakhiri kegiatan pembelajaran.


 

Rata-rata butir 1 = P

2.      Mengelola interaksi kelas
a.       Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka dan penuh pengertian kepada siswa.
b.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
c.       Melakukan komunikasi secara efektif.

Rata-rata butir 2 = Q

3.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran kelas rangkap (isi yang sesuai dengan RP PKR yang sedang dinilai)
a.      Bahasa Indonesia
1)      Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia.
2)      Memberikan latihan ketrampilan berbahasa.
3)      Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar.
Rata-rata butir 3.a = R

b.      Matematika
1)      Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif.
2)      Menguasai symbol-simbol matematika.
3)      Memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Rata-rata butir 3.b = R

c.       IPA
1)      Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung.
2)      Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung.
3)      Menampilkan penguasaan IPA


 

Rata-rata butir 3.c = R

d.      IPS
1)      Mengembangkan pemahaman konsep waktu.
2)      Mengembangkan pemahaman konsep ruang.
3)      Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity).
Rata-rata butir 3.d = R

e.      PKn
1)      Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan.
2)      Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan.
3)      Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari.
Rata-rata butir 3.e = R

4.      Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar.
a.       Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.
b.      Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran.
Rata-rata butir 4 = S

5.      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap
a.       Peka terhadap kemampuan berbahasa.
b.      Penampilan guru dalam pembelajaran kelas rangkap.
c.       Keefektifan pembelajaran kelas rangkap.
Rata-rata butir 5 = T


Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran kelas rangkap, sreta saran perbaikan.





 






      …………………, 20……
Pengamat
Kepala Sekolah/Teman Sejawat



___________________
NIP.